Rabu, 21 Desember 2011

Trik dalam Mendesain Interface Aplikasi

Dari sekian banyak pengalaman yang udah saya alami di bidang multimedia, ternyata ada satu hal unik yang ga ada henti-hentinya untuk terus dikembangkan dan diperbagus. Hal unik itu adalah medesain dan memberikan sentuhan warna pada aplikasi.
Kalo dipikir-pikir, membuat sebuah aplikasi memang susah dan rumit juga kompleks yang memang harus serba benar, tapi kalo mendesain interface saya masih handle juga masih lancar,, sedikit memberikan saran dan masukan untuk para pendesain aplikasi yang baru mulai and baru ngelangkah. Ada beberapa yang harus diperhatikan, yaitu :

1. Tema
2. Tujuan
3. Ukuran
4. Tekstur
5. Kombinasi Warna
6. Fitur
(menurut pandangan pribadi)

1. Tema : Tema disini adalah sebuah pentitik berat dimana bentuk dan isinya bisa saja sesuai dengan keadaan kita, atau memang sedang dalam rangka sesuatu.
2. Tujuan : Sebuah desain harus memiliki tujuan lain selain menarik untuk dilihat, misalnya agar lebih mudah dikenal atau lebih mudah digunakan.
3. Ukuran : Ukuran sebuah aplikasi tentu harus dipertimbangkan sebagai langkah awal dalam pendesainan. Sebab, jika resolusi yang didapat tidak sesuai dengan aplikasi, yang ada ,alah ancur atau rusak ciri khas dari gambar pada desain yang disajikan.
4. Tekstur : Maksud tekstur disini bukan berarti antara kasar dan halus, tetapi bentuk dan fungsi dari aplikasi itu sendiri. Jika fungsinya untuk musik, tentu tekstur desain harus berkaitan dengan musik.
5. Kombinasi Warna : Pengkombinasian warna adalah salah satu hal yang paling penting demi menyelesaikan desain dari aplikasi itu sendiri. Jika kombinasi warna jelek atau tidak cocok dengan 4 hal sebelumnya, tentu aplikasi akan tidak enak dipandang dan malah malas untuk menggunakannya.
6. Fitur : Fitur ini bukan fitur dalam aplikasi, tetapi fitur di dalam desain seperti penggunaan shadow, transparansi, efek blur, efek kaca, dll. Fitur ini berfungsi sebagai lahan finnishing demi memberikan kesan yang wah dan extreme pada desain aplikasi. Dan ini hal yang paling saya suka,, biar keren.. hehe.

Sebenarnya ada beberapa hal lagi yang harus diketahui, yaitu tentang penggunaan icon/logo dan penggunaan format gambar yang cocok.
Icon : Merupakan logo/lambang dari sebuah aplikasi yang biasanya menampilkan salah satu ciri khas unik dari aplikasi, seperti halnya BLOGGER yang menggunakan huruf "B" pada icon/favicon web.
Format : Mungkin yang sudah terbiasa menjadi orang yang suka desain tidak terlalu bingun tentang hal ini. Format gambar yang biasanya digunakan haruslah sesuai, sebagai contoh ukuran standar dari sebuah icon yaitu antara 50-54 x 50-54 (harus persegi empat) dalam ukuran pixel.

Sebenarnya masih banyak lagi mulai dari penggunaan aplikasi desain sampe pengolahan file desain agar tidak  tercecer,, ya apa boleh buat, cape untuk nulisnya.. :) lain kali saya post lagi..